Cicret, Gelang Pintar yang Manfaatkan Lengan sebagai Layar Smartphone

The Bracelet that Turns Your Arm into a Touchscreen for Email, Videos and Games onto Skin

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Cicret, Gelang Pintar yang Manfaatkan Lengan sebagai Layar Smartphone
Sebuah proyektor kecil di gelang akan menampilkan gambar ke kulit kemudian sensornya akan mendeteksi setiap kali menggesek, menekan dan mencubit kulit lengan Anda (Foto2: MailOnline)

TIDAK lama lagi akan ada gelang pintar yang mengubah kulit Anda menjadi layar sentuh sebagai proyektor mungil di lengan penggunanya.

Pemakai dari gelang Cicret akan dapat memeriksa email atau menonton film yang diproyeksikan ke lengan mereka, dan mengendalikan gambar dengan menggunakan kulit mereka sebagai layar sentuh.

Sebuah proyektor kecil di gelang akan menampilkan gambar ke kulit kemudian sensornya akan mendeteksi setiap kali menggesek, menekan dan mencubit kulit lengan Anda.

Gelang ini juga akan dibekali port USB dan accelerometer serta koneksi Bluetooth dan Wi-Fi.

Meskipun akan dibuat sehingga bisa sinkron dengan iPhone, Cicret juga dirancang untuk menjadi perangkat yang berdiri sendiri.

Sebuah video promosi menunjukkan bahwa gelang akan bekerja dengan menggerakkan pergelangan tangan dan dapat digunakan untuk menjawab panggilan telepon.

Guillaume Pommier, yang mendirikan perusahaan teknologi Cicret dengan Pascal, pionir pengembang aplikasi, mengatakan kepada MailOnline: "Kami berencana untuk menempatkan kartu 3G [di gelang] sehingga dapat dipakai untuk menelepon."

Dia menambahkan bahwa perangkat pintar ini menerapkan teknologi terbaru yang memungkinkan rincian dari kartu SIM untuk dimasukkan ke dalam perangkat keras, dan tidak perlu kartu SIM terpisah.

Perangkat unik ini masih dalam pengembangan, namun prototipe kerja dijadwalkan akan diresmikan dalam waktu dekat dan Mr Pommier berharap gelang pintarnya bisa beredar di pasar pada Juni tahun depan.

Tampaknya harga perangkat sebesar Rp6 juta saat peluncurannya tentu sepadan dan akan tersedia dalam pilihan memori 16GB dan 32GB serta pilihan 10 warna.

Mr Pommier, yang berasal dari Paris, tapi tinggal di Leeds, mengatakan: "Gelang Cicret adalah perangkat revolusioner yang benar-benar bisa mengubah cara kita mengakses informasi."

´Aplikasi untuk gelang yang besar - dapat melakukan segala sesuatu yang dilakukan smartphone atau tablet tapi tidak perlu lagi layar.

"Tidak hanya lebih portabel tetapi juga lebih ramah lingkungan karena tidak perlu lagi ada layar tablet atau ponsel yang akan menjadi sampah teknologi seperti terjadi saat ini."

"Hal yang menakjubkan adalah bahwa kita tidak menemukan sesuatu yang baru - kita hanya menggabungkan dua teknologi yang sudah ada untuk menciptakan sesuatu yang benar-benar istimewa."

"Kami pikir gelang akan membawa revolusi pada teknologi dunia."

SOON THERE will be a bracelet that turns your skin into a touchscreen using a tiny built-in projector.

Wearers of the of the Cicret bracelet will be able to check an email or watch a film that’s projected onto their forearm, and control the picture by using their skin like a touchscreen.

A tiny projector in the bracelet will cast an image onto the skin then eight long-range proximity sensors will detect every swipe, tap and pinch.

The bracelet will also contain a USB port and accelerometer as well as supporting Bluetooth and Wi-Fi.

While it will be made so it can sync with an iPhone, it´s designed to be a stand-alone device.

A promotional video suggests that the bracelet will spring to life with the flick of a wrist and could be used to answer a phone call.

Guillaume Pommier, who founded technology company Cicret with Pascal, his software developer father, told MailOnline: ´We plan to put a 3G card [in the bracelet] to allow calls.´

He explained that the device may use a new technology that allows SIM details to be put into the hardware, instead of requiring its own SIM card.

It’s still in development, but a working prototype is due to be unveiled in a few weeks´ time and Mr Pommier hopes that the bracelet could be on the shelves by June next year.

It is likely to cost around £300 on its launch and will come in 16GB and 32GB models as well as a choice of 10 colours.

Mr Pommier, who is from Paris but lives in Leeds, said: ‘The Cicret bracelet is a revolutionary device which could completely change how we access information.

‘The applications for the bracelet are vast - it will be able to do anything a phone or tablet can do but without the need for a hard screen.

‘Not only is it more portable but it´s also more ecological too because it is the screen part of tablets and phones that is hard to dispose of.

‘The amazing thing is that we haven´t invented anything new - we just combined two existing technologies to create something really special.

‘We think the bracelet will revolutionise the technology world.´