Ini Nasib Pesawat Jet Berbadan Lebar setelah Tak Lagi Terbang

Inside the Aeroplane Graveyard in Bangkok

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Ini Nasib Pesawat Jet Berbadan Lebar setelah Tak Lagi Terbang
Sepasang pesawat jet MD-82, sebelumnya dioperasikan oleh Orient Thai Airlines, kini menjadi onggokan terserak di Bangkok setelah gagal dikembangkan menjadi tempat hiburan ekslusif (Foto2: MailOnline)

INILAH nasib yang menimpa pesawat jet komersial berbadan lebar harus teronggok sebagai besi tua setelah investor yang ingin mengembangkan pesawat bekas menjadi panggung musik dan restoran.

Sepasang pesawat jet MD-82, sebelumnya dioperasikan oleh Orient Thai Airlines, kini menjadi onggokan terserak di Bangkok setelah gagal dikembangkan menjadi tempat hiburan ekslusif.

Pada Maret tahun ini, fotografer usia 36 tahun yang bermukim di Bangkok, Dax Ward mengunjungi tempat yang tidak lazim ini, kerap dikunjungi oleh wisatawan, untuk mengintip ke dalam pesawat yang telah dilucuti bagian-bagian pentingnya.

Dax Ward, seorang guru teknologi yang hobinya fotografi, menjelaskan: "Pesawat-pesawat itu ditempatkan di sana beberapa tahun yang lalu oleh investor asing yang ingin menciptakan sebuah bar luar dengan ruang khusus yang memanfaatkan pesawat sebagai panggung untuk band-band dan layanan kamar untuk awak bar.

'Proyek ini ternyata gagal dan investor asing meninggalkannya menjadi besi tua."

'Sejauh yang saya tahu, saat ini tidak ada rencana untuk memindahkan, meskipun biaya sewa lahan yang ditempati cukup mahal.'

Nomor registrasi dari kedua pesawat tampak jelas di atas bodi pesawat, sulit untuk mengetahui kapan pesawat tersebut dioperasikan dan kemudian pensiun.

Interior pesawat sebagian besar telah dilucuti dan yang tertinggal hanya rangka pesawat tapi karpet, tempat sampah overhead dan kamar mandi tetap utuh.

Melihatnya jadi teringat pesawat yang mengalami kecelakaan tapi masker oksigen, peralatan keselamatan dan barang-barang lainnya terserak sia-sia.

"Hal ini sangat menakutkan layaknya kuburan," katanya.

'Ada mainan anak-anak dan benda-benda pribadi lainnya tersebar di sekitarnya, yang ditinggalkan oleh mereka yang  tinggal di sana untuk alasan apa pun, hampir membuatnya merasa seperti lokasi kecelakaan.'

'Di tempat-tempat budaya Thailand seperti ini sering dilihat sebagai sesuatu yang angker, bahkan jika tidak ada yang benar-benar meninggal di lokasi. "

Wisatawan yang ingin berkunjung dikenai biaya Rp75.000 per orang dan di lokasi itu kita akan menjumpai seorang wanita yang bermukim di situ dengan keluarga besarnya di beberapa bagian dalam pesawat yang dikonversi, seperti dilansir MailOnline.

Ward menambahkan: 'Thailand merupakan negara yang berkembang dengan kekayaan budaya, dan budaya dinamis cenderung juga mencakup dimensi spiritual sangat mengakar.'

"Negeri ini penuh dengan cerita hantu dan takhayul tentang roh dan lokasi yang angker.'

THESE images capture the derelict shells of two abandoned aeroplanes, left by a cash-strapped investor in Thailand to rot. 

The pair of MD-82 jetliners, formerly operated by Orient Thai Airlines, are now at the mercy of the elements in Bangkok after a business venture to use them as a bar failed.

In March this year, 36-year-old Bangkok-based photographer Dax Ward visited the unconventional site, frequently visited by tourists, to take a peek inside the stripped aeroplanes.

Mr Ward, a technology teacher who refers to his photography as a hobby, explains: 'The planes were supposedly placed there few years ago by a foreign investor who wanted to create a special outdoor bar using the fuselage as a stage for the bands and service rooms for the bar crew.

'The project was a fiasco and the foreign investor left the site as it is.

'As far as I know, there are currently no plans to move them, although the land upon which they rest is quite expensive.'

As the registration numbers of the two planes have been painted over, it is hard to decipher when the planes were operated or retired.

The interiors of the plane have been mostly stripped away to reveal the bare bones of the giant crafts, but the carpeting, overhead bins and bathrooms remain intact.

Echoing the destruction of a plane crash, oxygen masks, safety manuals and other debris are also scattered about the hollowed out craft.

'It is very eerie in the graveyard,' he says.

'There are children's toys and other personal objects scattered around, left by people who have stayed there for whatever reason, almost making it feel like a crash site.

'In Thai culture places like this are often seen as haunted, even if no one has actually passed away at the location.'

Visiting tourists are charged 300 baht (£6.60) per person and the site is looked after by a lady who lives on the site with her extended family in some converted fuselages.

Ward added: 'Thailand is a country that flourishes with culture, and such dynamic cultures tend to also include a deeply-rooted spiritual dimension.

'It's is filled with ghost stories and superstitions regarding spirits and locations which are haunted.'