Bungee Jumping Tanpa Busana, Model dari China Didenda Pemerintah Thailand

Adventure Company Fined after Tourist to Strip Off for Bungee Jump

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Bungee Jumping Tanpa Busana, Model dari China Didenda Pemerintah Thailand
Awalnya dia mengaku akan melompat dengan bikini, tapi kemudian melepas pakaiannya dan melompat dalam keadaan bugil sebelum karyawan di situ dapat menghentikan aksi nekatnya (Foto2: MailOnline)

SEORANG MODEL mengunjungi Chang Mai di Thailand, dan mendaftar untuk bungee jumping di X Centre Bungee Jump di Mae Rim, dan kepingin mengambil beberapa foto untuk melengkapi portofolio-nya sebagai model.

Wanita, yang dikabarkan bekerja sebagai model, awalnya mengatakan dia akan melompat dengan bikini, tapi kemudian dilaporkan dia melepas pakaiannya dan melompat dalam keadaan bugil sebelum karyawan di situ menghentikan aksi nekatnya.

Sederet foto dan video kejadian tersebut mewabah bagai virus di internet, pihak berwajib setempat pun mendatangi lokasi untuk menyelidiki, seperti dilaporkan Coconuts Bangkok yang dikutip MailOnline.

"Saya tidak menyangka video dan foto-fotonya akan diunggah dan dikritik banyak pihak," kata manajer X Centre, Bancha Chulakul kepada polisi.

Tempat olahraga ekstrim itu pun didenda hampir Rp400 ribu (1.000 baht) dan sang model nekat pun dijatuhi denda dengan jumlah yang sama, dan diduga segera meninggalkan Thailand.

Pemerintah Thailand telah bekerja dengan koleganya di Hong Kong untuk mencoba dan membatasi penyebaran dan video di media sosial, karena Chiang Mai dikenal sebagai 'Kota Budaya', lapor The Manager yang dikutip MailOnline.

Ini bukan pertama kalinya wisatawan China memicu kontroversi di Thailand.

Warga setempat mengeluh dalam beberapa bulan terakhir tentang wisatawan asal China buang air besar sembarangan selama perayaan Tahun Baru Cina.

Foto seorang turis - diyakini asal Cina - yang duduk sembarangan hingga kelihatan celana dalamnya di di bandara Chiang Mai pada Februari lalu memicu kemarahan, sebulan kemudian tersebar foto-foto seorang wanita telanjang dada saat ganti pakaian di toilet di bandara internasional Don Muang di Bangkok.

Secara tradisional Chiang Mai dan Chiang Rai adalah kota terdekat di timur laut Thailand yang paling diminati wisatawan asal China.

THE MODEL was visiting Chang Mai in Thailand, and signed up for the jump at X Centre Bungee Jump at Mae Rim, deciding she wanted some more shots to spice up her portfolio.

The woman, reportedly a model, originally said she would jump in her bikini, but reportedly took off her clothes and jumped before staff could stop her.

A photo gallery and video of the incident have since gone viral, leading authorities to pay a visit to the site to investigate, reports Coconuts Bangkok.

'I didn't think the video and photos would be posted and criticized online,' X Centre manager Bancha Chulakul told police.

The centre has been fined 1,000 baht (£19) The Chinese woman has also been fined the same amount, but is thought to have already left Thailand.

Thai authorities have been working with their Hong Kong counterparts to try and limit the use of the images and video on social media, as Chang Mai is a 'City of Culture,' reports The Manager.

It is not the first time Chinese tourists has caused controversy in Thailand.

Locals have complained in recent months about tourists defecating in the streets during Chinese New Year celebrations.

Images of a tourist - believed to be of Chinese origin - during her underwear on seats at Chiang Mai airport in February caused further outrage, followed a month later by photos of a topless woman changing her clothes in the toilets at Don Mueang international airport in Bangkok.

Traditionally Chiang Mai and nearby Chiang Rai in the north-east are the biggest draw for Chinese visitors.