Dapatkan Kursi Terbaik di Pesawat? Ini Dia Kiatnya

Infographic Reveals The Best and Worst Plane Seats

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Dapatkan Kursi Terbaik di Pesawat? Ini Dia Kiatnya
Sebuah survei terhadap lebih dari 1.000 wisatawan Inggris mengungkap panjang lebar tentang bagaimana kiat mereka untuk mendapatkan tempat duduk yang baik di pesawat (Infografis: MailOnline)

MULAI DARI berpura-pura sakit untuk menggoda staf penerbangan di kantor penjualan, wisatawan Inggris ternyata menggunakan aneka trik untuk mendapatkan kursi yang lebih baik di pesawat.

Mesin pencari perjalanan Kayak bermitra dengan awak kabin dan pakar penerbangan, Dan Air, untuk mengungkapkan bagaimana kiat mendapatkan kursi yang paling didambakan di pesawat.

Mr Air, yang juga penulis Confessions of a Trolley Dolly, mengungkapkan bahwa kursi terbaik pada A320 adalah 1A.

Armada Airbus, yang umumnya tidak memiliki kursi kelas utama atau kelas bisnis, yang digunakan oleh British Airways, easyJet, Monarch dan Thomas Cook untuk penerbangan jarak pendek. Deretan kursi pertama, yang paling didambakan untuk mendapatkan ruang kaki ekstra, tampilan jendela optimal tanpa terhalang oleh sayap, dan yang pertama pula dilayani makanan dan minuman.

Ini tidak semua menyenangkan meskipun, dengan kursi ini, serta kursi 1F, juga dikenal sebagai tempat terdingin di pesawat, seperti dilansir MailOnline.

Pesawat Boeing 777 yang digunakan untuk penerbangan jarak jauh oleh Emirates, Singapore Airlines, British Airways dan Qatar Airways, baris 44 dan 45 (dua baris di belakang) adalah yang paling tidak diinginkan.

Deretan kursi ini memiliki ruang kaki lebih sempit dari baris lain dan kemampuan reclining terbatas. Lokasinya juga dekat dengan toilet dan galley, sehingga menebar aroma tidak sedap dan kenyamanan kerap terganggu.

Sebuah survei terhadap lebih dari 1.000 wisatawan Inggris mengungkap panjang lebar tentang bagaimana kiat mereka untuk mendapatkan tempat duduk yang baik di pesawat. Sepertiga dari penumpang mengaku mengambil langkah-langkah ekstrim, termasuk menyalip orang di bandara (10%), menggoda staf penerbangan (8%), dan berpura-pura sakit atau cacat (6%).

Pada penerbangan di mana tidak ada kursi ekstra, enam persen penumpang mengaku berbohong tentang berada di kelas bisnis untuk mendapatkan kursi dan masuk duluan ke pesawat, sementara yang lain menggunakan tinggi badan mereka atau bahkan anak-anak mereka sebagai alasan untuk membutuhkan kursi yang lebih baik.

Metode yang lebih konvensional (dan kurang disukai) untuk mengamankan kursi yang diinginkan dengan memeriksa segera saat online check-in dibuka (31%), sementara yang lain membayar lebih untuk memilih kursi atau untuk prioritas boarding (27% dan 12%, masing-masing).

Sejumlah penumpang berlomba untuk masuk ke pesawat,  dengan 34% mengaku bergegas untuk mengantri lebih awal.

Apa yang diinginkan Penumpang?
Ruang kaki ekstra (60%)
Kursi di dekat jendela (37%)
Berada di daerah yang tenang dari pesawat (29%)
Bisa duduk sambil rebahan (27%)
Akses mudah ke bagasi di kabin (22%)
Dekat lorong kabin (16%)
Pertama mendapatkan makanan dan minuman (14%)
Duduk dekat toilet (14%)
Memiliki under seat storage (13%)
Duduk jauh dari toilet (13%)
Memiliki port power (12%)
Di dekat pintu darurat (11%)

FROM FEIGNING illness to flirting with the ground staff, British travellers have resorted to all types of tricks to secure a better seat on the plane.

Travel search engine Kayak have partnered with cabin crew member and aviation expert, Dan Air, to reveal how to get the most coveted seat on the plane.

Mr Air, who also authors Confessions of a Trolley Dolly, reveals that the best seat on an A320 is 1A.

The Airbus fleet, which generally have no first or business class seats, are used by British Airways, easyJet, Monarch and Thomas Cook for short haul journeys. The first row seat, is most coveted for its extra legroom, optimum window view unobstructed by the wing, and being served food and beverages first.

It´s not all good though, with this seat, as well as 1F, is also known for being the coldest on the aircraft.

In Boeing 777 used for long haul flights by Emirates, Singapore Airlines, British Airways and Qatar Airways, rows 44 and 45 (the back two rows) are the least desirable.

These seats have less leg room than other rows and limited reclining capabilities. They are also close to the toilets and galleys, making for a nosy and possibly smelly flight.

A survey of over 1,000 British travellers reveals the lengths they will go to in order to nab a good seat on the plane. A third of passengers admit to taking extreme measures, including overtaking people at the airport (10 per cent), flirting with ground staff (eight per cent), and feigning illness or disability (six per cent).

On flights where there is no pre-seat selection, six per cent have lied about being in business class to get on board and sit down first, while others have used their height or even their children as an excuse for needing a better seat.

More conventional (and less frowned-upon) methods of securing a desirable seat are checking in immediately the moment online check-in opens (31 per cent), while others pay to select a seat or for priority boarding (27 per cent and 12 per cent, respectively).

A good number of passengers are responsible for the inevitable stampede at the gate, with 34 per cent admitting to rushing to queue up early.

What we want in a plane seat
Extra leg room (60%)
Being in the window seat (37%)
Being in a quieter area of the plane (29%)
Being able to recline by seat (27%)
Easy access to hand luggage (22%)
Being in the aisle seat (16%)
Getting served first for food and drinks (14%)
Sitting near to a bathroom (14%)
Having under seat storage (13%)
Sitting far away from a bathroom (13%)
Having a power port (12%)
Near an emergency exit (11%)