Penumpang Nekat Kejar Pesawat Hingga ke Landasan

Ryanair Passenger Jumps Off Boarding Bridge to Try and Catch His plane

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Penumpang Nekat Kejar Pesawat Hingga ke Landasan
Cuplikan dari insiden nekat direkam oleh anggota awak darat di Bandara Adolfo Suarez Madrid-Barajas dan mengunggah di Facebook oleh serikat Komisi perdagangan Pekerja (Foto2: MailOnline)

PERISTIWA ini sangat mengejutkan ketika penumpang Ryanair berlari-lari di tarmac sebuah bandara untuk coba mengejar pesawat yang bersiap lepas landas setelah dia tidak muncul untuk naik pesawat pada panggilan terakhir.

Setelah dipanggil tidak muncul, penumpang yang terlambat lalu menerobos pintu gerbang ke garbarata dan melompat dari rampway ke tarmac dengan dua tas di tangannya - melompat dari ketinggian tiga meter - setelah pesawat Boeing 737 ditarik dari terminal.

Penumpang nekat berlari melintasi apron untuk mencoba menghentikan pesawat lepas landas tanpa dia, namun dia dicegat oleh anggota awak darat yang terkejut mendapatinya di bandara internasional utama Madrid.

Cuplikan dari insiden nekat direkam oleh anggota awak darat di Bandara Adolfo Suarez Madrid-Barajas dan mengunggah di Facebook oleh serikat Komisi perdagangan Pekerja.

Si penumpang tidak datang tepat waktu dan tertinggal, dan entah bagaimana caranya dia berhasil menghindari berbagai prosedur keamanan untuk menerobos ke tarmac hingga ke runway di bandara.

Video menunjukkan dia tampak panik duduk di depan pintu garbarata dengan tas di belakangnya sebelum melompat turun.

Seorang juru bicara Ryanair menyebutnya sebagai 'pelanggaran keamanan' dan mengecam sistem keamanan bandara.

Serikat pekerja menulis secara online: "Ini adalah contoh tentang perilaku penumpang di Madrid ketika mereka datang terlambat di bandara."

MailOnline Travel telah menghubungi operator bandara, serikat Komisi Buruh dan polisi untuk memberikan komentar.

Pengguna Facebook yang terkejut membanjiri laman dari Serikat Pekerja Bandara di media sosial tersebut.

Beberapa menyarankan agar pelaku diserahkan kepada polisi dan dilarang terbang, sementara yang lain mengritik langkah-langkah keamanan di bandara.

Salah satunya menulis: 'Orang ini harus ditangkap oleh petugas keamanan dan diidentifikasi sehingga ia tidak boleh lagi terbang bukan hanya [Ryanair] tapi semua maskapai.'

Pengguna Facebook lain menulis: "Ini bukan kesalahan dari penumpang yang lolos dari petugas keamanan. Ini adalah tanggung jawab orang-orang yang bertanggung jawab atas pengamanan bandara."

THIS IS the astonishing moment a Ryanair passenger ran onto the tarmac at a major airport to try and catch his flight after he missed the plane's final boarding call.

In a major security breach, the tardy traveller got past staff at the gate and jumped off the jet bridge with two bags in his hands - landing on the tarmac eight to 10ft below - after the Boeing 737 had already pulled back from the terminal.

The foolish holidaymaker sprinted across the apron to try and stop the plane from taking off without him, but was intercepted by stunned ground crew members at Madrid's main international airport.

Footage of the bizarre incident was recorded by a ground crew member at Adolfo Suarez Madrid-Barajas Airport and posted on Facebook by the Workers' Commissions trade union.

The passenger did not arrive on time and missed the budget flight, and somehow managed to evade various security procedures to get onto the tarmac, the union wrote.

Video shows the man nervously sitting on the edge of the jet bridge with his bags in tow before leaping off.

A Ryanair spokesman called it a 'security breach' and deferred comment to airport police.

The union wrote online: 'This is how passengers in Madrid behave when they don't arrive in time for their flights.

MailOnline Travel has contacted the airport's operator, the Workers' Commissions union and police for comment.

Shocked viewers flooded the Workers' Commissions union's Facebook page with comments.

Some suggested the man should be charged by Spanish police and banned from flying, while others criticised security measures at the airport.

One viewer wrote: 'This guy should have been arrested by the security forces and identified so he can not only travel with [Ryanair] but any airline.'

Another viewer wrote: 'It's not the fault of the passenger who bypassed the security controls. It is the responsibility of those in charge of the controls.'

A member of the union wrote on Facebook that he or she has witnessed 10 incidents in seven years where passengers have forced open a gate's doors.