Pesawat Terbang Didorong Penumpang karena Rem di Roda Membeku

Passengers Push Their Plane after Its Brake Froze in Minus 52C

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Pesawat Terbang Didorong Penumpang karena Rem di Roda Membeku
Traktor di bandara gagal untuk menggerakkan pesawat, sebagian penumpang terpaksa turun untuk mendorong pesawat (Foto2: MailOnline)

PARA PENUMPANG di pesawat Rusia terpaksa turun di tengah cuaca dingin minus 52C untuk mendorong pesawat jet yang mereka tumpangi - setelah rem di roda pesawat yang membeku akibat suhu dingin.

Pesawat UTair 'sejatinya membeku di landasan di bandara Igarka, di atas Lingkaran Kutub Utara," seperti dilaporkan The Siberian Times, yang dikutip MailOnline belum lama ini.

'Khawatir pada kesiapan layanan penerbangan UTair ke ibukota wilayah Krasnoyarsk bakal tertunda, sebagian dari 70 penumpang menggunakan tenaga mereka untuk mendorong pesawat Tupolev 134 berbobot 30 ton.'

Sebuah video menunjukkan upaya para penumpang yang mendorong pesawat di era Soviet, yang akhirnya pesawat dapat mengangkut penumpang ke ibukota dari
Krasnoyarsk.

Kaum pria itu - sebagian besar dari mereka pekerja minyak dan gas - yang meneriakkan: 'Ayo, dorong!"

Penumpang lain berseru: 'Lelaki sejati dapat menanam pohon, membangun rumah, mendorong pesawat."

Lainnya menambahkan: "Kami hanya ingin kembali pulang."

Para penumpang mendorong sayap pesawat, membebaskan rem beku, dan bergerak mundur.

Masalah utamanya adalah pada salah satu hari terdingin dalam satu tahun karena 'jenis oli yag dipakai untuk roda pesawat salah pilih' - tidak cocok untuk di kawasan Far North, seperti dilaporkan media setempat.

Vladimir Artemenko, direktur Katekavia, yang mengoperasikan pesawat bersama dengan UTair, mengklaim Tu-134 itu 'secara teknis berguna', tetapi suhu dingin menyebabkan rodanya sulit bergerak.

Traktor di bandara gagal untuk menggerakkan pesawat.

"Ketika orang-orang mendorong pesawat, roda memutar keluar, dan kemudian pesawat bisa terus bergerak," katanya.

PASSENGERS on a Russian plane disembarked in minus 52C to push their jet - after its brakes froze in the icy temperatures.

The UTair aircraft 'literally froze on the ground at Igarka airport, above the Arctic Circle,' reported The Siberian Times.

'Fearing the UTair service to regional capital Krasnoyarsk could be delayed, many of the 70 passengers used brute strength to free the 30 ton Tupolev 134.'

A video shows the successful mass effort to budge the Soviet-era plane, after which it made a successful flight to regional capital Krasnoyarsk.

Men - many of them oil and gas workers - are heard shouting: 'Come on, push!'

One says: 'Real man can plant a tree, build a house, push a plane.'

Another added: 'We just want to get back home.'

The passengers pushed the plane's wings, freeing the frozen brakes, and moving it backwards.

Problems developed on one of the coldest days of the year because 'the wrong kind of grease was used for the landing gear' - unsuitable for Far North locations, it was reported.

Vladimir Artemenko, a director of Katekavia, which ran the flight jointly with UTair, claimed the Tu-134 was 'technically serviceable', but the chilly temperatures led it to freeze up.

The airport tractor had failed to move the plane.

'When people pushed the plane, the wheel cranked out, and then the aircraft could continue to move,' he said.