Senjata Rahasia di Balik Jas Agen Rahasia `Secret Service`

The Bizarre Details of Life in the US Secret Service Revealed

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Senjata Rahasia di Balik Jas Agen Rahasia `Secret Service`
Beberapa agen memakai kacamata hitam yang dirancang khusus yang dilengkapi dengan kamera video mini, yang merekam kerumunan massa. (Foto2: The Sun)

MEREKA mungkin terlihat seperti sekadar memakai pakaian kerja standar namun seragam Secret Service dijejali dengan perangkat tambahan untuk menyelamatkan nyawa mereka.

Ronald Kessler, wartawan Amerika dan penulis 20 buku nonfiksi tentang pasukan pengamanan presiden Amerika Serikat (Secret Service), artikel ini sekilas mengungkap rahasia para pengawal presiden AS.

Anggota khusus dari Secret Service Emergency Response dilengkapi rompi anti senjata tajam dan peluru pada jas dan bahkan celana antipeluru.

Mereka juga membawa respirator dan kacamata night vision, senapan mesin dan pistol.

Kekuatan cahaya dari senter mereka dilaporkan lebih kuat daripada lampu mobil BMW.

Agen rahasia dilengkapi dengan pistol SIG Sauer P229, yang dirancang sebagai senjata rahasia andalan.

Beberapa agen juga membawa granat kejut M84 yang membutakan dan bikin tuli pelaku penyerangan.

Ronald mengatakan: "Ketika Presiden berada di luar Gedung Putih maka para agen membawa masker khusus yang dapat mengamankan Presiden saat itu juga untuk melindungi dari senjata kimia dan serangan biologis."

Beberapa agen memakai kacamata hitam yang dirancang khusus yang dilengkapi dengan kamera video mini, yang merekam kerumunan massa dan secara live mengirimkan rekaman gambar ke markas Secret Service di Washington.

Ronald mengatakan: "Penggunaan teknologi pengenalan wajah adalah hal wajar. Kamera akan ditempatkan pada titik-titik keluar masuk orang untuk memindai wajah yang cocok dari penjahat yang dikenal."

"Agen yang menyamar juga digunakan Secret Service dan mereka mengenakan pakaian biasa tanpa headset di telinga. Mereka lebih banyak berkomunikasi melalui ponsel," kata Ronald seperti dilansir The Sun.

THEY may look like standard work suits but the Secret Service uniform is crammed with life-saving enhancements.

With help from Ronald Kessler, an American journalist and author of 20 non-fiction books about the US Secret Service, we reveal the little-known secrets of the president’s men.

Members of the special Secret Service Emergency Response team wear kevlar (stab-resistant) suits and even bulletproof underpants.

They also carry respirators and night vision goggles, a sub-machine gun and pistol.

Their torches are reportedly more powerful than the headlights on a BMW car.

Agents are issued with SIG Sauer P229 hand guns, designed for concealed carry.

Some agents also carry M84 stun grenades which temporarily blind and deafen assailants.

Ronald said: “When the President is outside the White House agents carry a special mask which they could pull over the Commander-in-Chief's head at a moment’s notice which would protect against chemical and biological attack.”

Some agents wear specially designed sunglasses that are equipped with miniature video cameras, which record the crowd and beam back the pictures to the Secret Service headquarters in Washington.

Ronald said: “The use of facial recognition technology is common. Cameras will be placed at the entry points to venues to scan the crowds for faces that match known criminals.

“Undercover agents will also be used in a detail who won’t wear ear-pieces and will wear ordinary clothes. They communicate via cellphones.”