Ronaldo Penyundul Terbaik di Dunia Sepak Bola?

Cristiano Ronaldo the Best Header of a Ball in World Football?

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Ronaldo Penyundul Terbaik di Dunia Sepak Bola?
Ronaldo melompat setinggi 261 cm dengan tinggi loncatan 76,2 cm selama 0,7 detik di atas James Chester dan mengecoh Wayne Hennessey dari Wales pada menit 50, gol Ronaldo untuk Real Madrid dan Manchester United (Foto2: MailOnline)

'SAYA BELUM belum pernah melihat seorang pesepakbola melompat setinggi dan terbang seperti dilakukan Ronaldo. Atlet yang luar biasa' - Gary Lineker di Twitter.

"Rasanya seperti menonton pemain basket melompat untuk slam dunk' - Martin Keown di Daily Mail.

Dua pernyataan di atas hanyalah dua sejumlah pujian terhadap pesepakbola sebagai pencetak gol pada pertandingan yang dimenangkan Cristiano Ronaldo dk melawan Wales pada Rabu malam.

Gol, yang membantu mengantarkan Portugal lolos ke final Euro 2016, memperlihatkan Ronaldo melompat di atas James Chester dan mencetak sundulan mengecoh Wayne Hennessey pada menit 50.

Ronaldo, yang tingginya 183 cm, melompat hingga setinggi 261 cm untuk menjangkau bola yang melambung di atas Chester yang berusaha menghalaunya.

Dan 'hang time' - meminjam istilah basket - komentar dari Lineker dan Keown? berlangsung 0,7 detik. Kemampuan menahan tubuh Anda di udara selama hampir satu detik merupakan prestasi luar biasa.

Gol yang diciptakannya menimbulkan pertanyaan: apakah sundulan bola Ronaldo sebagai yang terbaik di dunia?

Gareth Bale, meskipun membuktikan selama sebulan terakhir sebagai pemain hebat, tentunya faham bagaimana trik dari rekan satu klubnya di Real Madrid tersebut tiga musim terakhir.

Dia mencetak sembilan gol melalui kepala musim lalu dan meski lebih muda lima tahun dari Ronaldo maka hanya yang terbaik yang bisa melakukannya; tapi Ronaldo adalah jagonya.

Faktanya, empat gol yang paling terkenal dan penting diciptakan melalui kepala: untuk Manchester United saat melawan Roma pada 2008; melawan Chelsea di final kompetisi yang berlangsung sebulan kemudian; untuk Real Madrid melawan United di Liga Champions pada 2013; dan melawan Wales pada Rabu malam.

Ronaldo melompat sesuai tubuhnya yang atletis, yang akan menjadi catatan terbaiknya, dan tidak ada yang lebih baik mewujudkan itu daripada cara dia menyundul bola, seperti dilansir MailOnline.

'I'VE NEVER seen a player leap as high and fly as long as Ronaldo can. What a remarkable athlete' - Gary Lineker on Twitter

'It was like watching a basketball player going up for a slam dunk' - Martin Keown in the Daily Mail

Above are just two of the glowing appraisals of Cristiano Ronaldo's match-winning header against Wales on Wednesday night.

The goal, which helped send Portugal through to the Euro 2016 final, saw Ronaldo tower above James Chester and plant a powerful header past Wayne Hennessey on 50 minutes.

Ronaldo, who stands at 6ft 1in, climbed to a remarkable height of 8ft 7in to make contact with the ball well above the flailing Chester.

And the 'hang time' - to borrow a basketball phrase - which both Lineker and Keown alluded to? 0.7 seconds. To hold your body in the air for nearly a second is some quite some feat in itself.

The goal begs the question: is Ronaldo the greatest header of the ball in the world?

It is hard to think of a player still playing who can lay a greater claim to that crown than the soaring Madeiran.

Gareth Bale, although proving this last month he is very much his own man, has clearly learned some tricks of the trade from his Real Madrid team-mate these past three seasons.

He scored nine headers last season and at five years Ronaldo's junior can only get better; but Ronaldo is the master.

In fact, four of his most famous and important goals have been headers: for Manchester United against Roma in 2008; against Chelsea in the final of that competition a month later; for Real Madrid against United in the Champions League in 2013; and against Wales on Wednesday night.

Ronaldo has moved the game on with his athleticism, that will be his legacy, and nothing better embodies that than the way he heads a ball.