Gurauan di Facebook Jelang Ajal Penumpang MH17

Dutch Man Posted Picture of Plane before Boarding to Doomed Flight MH17

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Gurauan di Facebook Jelang Ajal Penumpang MH17
Cor Pan, yang mengaku sebagai ´wiraswasta´ pada halaman Facebook-nya, diperkirakan posting foto melalui jendela di ruang boarding, hanya beberapa menit sebelum masuk ke pesawat naas (Foto2: MailOnline)

SEBUAH foto dari pesawat Malaysia Airlines MH17 diyakini telah diposting di Facebook oleh penumpang Belanda beberapa saat sebelum ia naik pesawat yang hancur dihantam rudal di perbatasan Ukraina-Rusia.

Pesawat, yang dalam foto sedang parkir di tarmak, lepas landas dari bandara Schiphol Kamis siang. Pesawat ditembak jatuh beberapa jam kemudian di perbatasan Rusia-Ukraina dalam 'aksi terorisme', yang menewaskan seluruh penumpangnya, seperti dilansir MailOnline.

Cor Pan, yang terdaftar di Facebook sebagai warga di Volendam di Belanda Utara, upload foto pesawat naas tersebut dengan judul: "Kalau pesawat ini hilang, inilah bentuk pesawatnya."

Komentar itu diyakini merujuk pada pesawat Malaysia Airlines MH370 yang menghilang saat terbang dari Kuala Lumpur ke Beijing pada 8 Maret lalu.

Setelah melihat foto tersebut, teman-temannya menganggap foto itu sebagai lelucon dan berharap dia selamat, tapi pesan biasa itu kemudian memicu kepanikan setelah berita pesawat naas itu muncul dalam berita kecelakaan pesawat.

Foto yang diunggah mengundang penasaran orang-orang terdekatnya apakah pesan itu bermakna selamat tinggal dan mereka berharap kabar duka itu tidak benar.

Sepupunya kemudian posting nomor penerbangan di bawah gambar dan menulis: 'Ternyata sepupu kami Cor berada di pesawat ini.' 

Teman-teman dan anggota keluarga menyatakan berduka atas nasib malang warga Belanda, dengan pesan singkat: "istirahatlah dengan damai."

Pesan mereka juga menyatakan bahwa mendiang  berada di pesawat bersama pacarnya, Neeltje Tol. 

Pesan lain berbunyi: 'Selamat jalan Cor dan Neel, mengucapkan duka cita untuk keluarga dan teman-teman." 

Posting lain menyatakan: 'Mengerikan dan tidak adil. Selamat istirahat Cor dan Neeltje,"

Cor Pan, yang menyatakan profesinya sebagai 'wiraswasta' pada halaman Facebook-nya, diperkirakan posting foto melalui jendela di ruang boarding, hanya beberapa menit sebelum masuk ke pesawat naas yang lepas landas pada pukul 12:15 di Amsterdam.

Setidaknya 151 warga Belanda berada di pesawat tersebut, menurut Malaysia Airlines. 

Pesawat ini memiliki kata-kata Malaysia terpampang di sisi dan tampaknya sedang mengisi bahan bakar. 

Kantor berita Fairfax tidak bisa secara independen memverifikasi apakah posting itu asli. 

A HAUNTING photograph of flight MH17 is believed to have been posted on Facebook by a Dutch passenger just moments before he boarded the doomed plane.

The plane, pictured on tarmac, took off from Amsterdam's Schiphol Airport at lunchtime today. It was shot down hours later on the Russia-Ukraine border in an 'act of terrorism', killing all 295 people on board.

Cor Pan, who is listed on Facebook as living in Volendam in North Holland, uploaded the picture of the aircraft with the caption: ‘If it disappears, this is what it looks like.’

The comment is believed to have been a reference to Malaysian Airlines flight MH370 which disappeared while flying from Kuala Lumpur to Beijing on 8 March.

After seeing the photo friends initially went along with the joke and wished him a good trip, but their messages quickly turned frantic when news of the crash emerged.

Posting underneath the picture they asked whether his flight was the one that had gone down and said that they were praying that it wasn’t true.

His cousin later posted the flight number underneath the picture and wrote: 'Turns out our cousin Cor was on this plane.’ 

Friends and family members began to leave touching tributes to the Dutch traveller, with one posting ‘rest in peace’. 

Their posts also suggested that he was on board the plane with his girlfriend Neeltje Tol. 

One said: ‘Rest in peace Cor and Neel this is surreal, with sympathy for family and friends.’

Another posted: ‘Terrible and unfair. Rest in peace Cor and Neeltje.’ 

Mr Pan, who lists himself as 'self-employed' on his Facebook page, is thought to have posted the image through a window at the boarding gate, just a few minutes before getting onto the flight which took off at 12:15pm in Amsterdam. 

At least 151 Dutch nationals were on board, according to Malaysian Airlines.

The plane has the words Malaysia emblazoned on the side and appears to be being refuelled. 

Fairfax news agency could not independently verify whether the post was genuine.