Beda Musim, Peluang Positif bagi RI - Turki

Seasonal Differences, Positive Opportunities for Indonesia and Turkey

Reporter : Gusmiati Waris
Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani


Beda Musim, Peluang Positif bagi RI - Turki
Mentan Suswono (kiri) dan Mentan Turki, Mehmet Mehdi Eker (Foto: Kementan)

Konya, Turki (B2B) - Pemerintah Turki menilai banyak peluang perdagangan di bidang pertanian dengan Indonesia. Perbedaan musim, Indonesia tropis dan Turki subtropis,  membuat banyak produk tidak dapat dihasilkan Turki dan demikian juga sebaliknya ada produk-produk pertanian yang tidak bisa dihasilkan di Indonesia.

“Saya yakin banyak yang bisa dikerjasama antarkedua negara dalam bidang pertanian,” kata Menteri Pertanian, Pangan, dan Peternakan Turki Mehmed Medi Eker saat mengadakan pertemuan dengan Mentan Suswono di Konya, Turki, Selasa siang waktu setempat (27/5).

Mehmed menambahkan, seperti dikutip dari pernyataan tertulis yang dilansir Kementerian Pertanian, Indonesia dan Turki aktif di G-8, G-20, dan OKI (organisasi konferensi Islam). Berbagai persoalan, termasuk bidang pertanian, dapat dibicarakan dalam kerangka kelompok negara tersebut. 

"Hal yang dapat dilakukan dalam waktu dekat adalah kerjasama dalam bidang riset dan pengembangan (R & D) bidang pertanian," kata Mehmed.

Menyambut tawaran dari koleganya, Mentan Suswono menyatakan sepakat mengenai kerjasama dalam bidang riset dan pengembagan antarkedua negara untuk segera diwujudkan.

Kesepakatan tersebut ditindaklanjuti dengan penandatangan kerjasama riset dan pengembagan pertanian oleh oleh Dirjen Riset dan Pengembangan Kementerian Pertanian, Pangan, dan Peternakan Turki dan Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Produk Prtanian (P2HP) Kementan RI.

Konya, Turkey (B2B) - The Turkish government assess agricultural trade opportunities with Indonesia. Differences season, Indonesia´s tropical region while Turkey is in the subtropical region, consequently not all agricultural products can be produced by Turkey, as well as Indonesia.

"I am convinced Turkey and Indonesia have the same opportunities to increase agricultural trade," said Minister of Agriculture, Food and Livestock Turkey Mehmed Medi Eker during a meeting with Indonesian Agriculture Minister, Suswono  in Konya, Turkey, Tuesday afternoon local time (27/5).

Mehmed added, as quoted from a written statement as reported Indonesia´s Agriculture Ministry, that the two countries play an active role in the G-8, G-20, and the OIC (Organization of Islamic Conference). Various issues, including agriculture, can be subject for the benefit of both countries.

"Bilateral cooperation which can be done immediately is the research and development of agricultural technology," Eker said.

Welcomed the offer of his colleague, Suswono agreed to cooperate in developing agricultural technologies for the benefit of both countries.

The agreement was followed by the signing of memoranda of understanding, signed by top officials linked from Turkey and Indonesia.