Swasembada Pangan, Jokowi Yakin Tercapai

Widodo Optimism Food Self-sufficiency Achievable in Two to Five Years

Reporter : Rizki Saleh
Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani


Swasembada Pangan, Jokowi Yakin Tercapai
Presiden RI Joko Widodo berdialog dengan petani di Jawa Tengah (Foto: setkab.go.id)

Jakarta (B2B) - Swasembada pangan diyakini Presiden RI Joko Widodo dapat dicapai dalam tiga hingga lima tahun ke depan dengan meningkatkan produksi tanaman pangan khususnya padi, jagung dan kedelai.

"Semakin saya tahu lapangan, kunjungan daerah yang saya lakukan, semakin saya kenal medan, semakin saya yakin kedaulatan pangan, ketahanan pangan, swasembada pangan bisa kita capai dalam kurun waktu tidak lama," kata Presiden Jokowi ketika membuka Jakarta Food Security Summit III di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (12/2).

Presiden memperkirakan Indonesia dapat mencapai swasembaga pangan dalam empat hingga lima tahun ke depan. Ia mengaku telah berdialog dengan para petani dan mendapati sudah banyak yang mengalami peningkatan produktivitas hingga berlipat ganda.

"Saya berdialog dengan petani, yang dulu (produksinya) dua ton jadi enam ton, yang dulu 1,5 ton jadi tiga ton. Kelipatan-kelipatan seperti itu contohnya sudah ada," katanya.

Itu artinya, kata dia, para petani sudah mendapatkan fasilitas pendampingan, dukungan, produk, kerja sama dan kemitraan yang baik. Kemitraan seperti itulah yang akan diperluas ketika sudah jelas peran dan fungsinya masing-masing.

"Artinya apa yang kita butuhkan sudah ada, yang mendampingi sudah ada, produk sudah ada. Kemitraan seperti ini yang akan kita perluas, siapa mendampingi dan siapa pasar yang harus mengambil produk-produk dari petani. Semua sudah ada," katanya.

Kemitraan seperti itu, kata Jokowi akan dicontoh dan diperluas secara nasional. "Saya yakin tiga sampai empat tahun kita bisa," katanya.

Jakarta (B2B) - The Indonesian President Joko Widodo expressed optimism that Indonesia can achieve food self-sufficiency in the next two to five years by increasing its agricultural production.

"I have discussed with the farmers who have increased their production from two to six tons and the others whose production increased from one and a half to three tons. We are beginning to see the multiple results of increased agricultural production," Joko Widodo said here on Thursday.

The president stated that the increase in production reflects Indonesias sound agricultural system that can help the nation to achieve the target of food self-sufficiency.

The agricultural system was established through cooperation, mentoring, and partnership between the people and government, Jokowi remarked.

"It means there is already a good agricultural system in place. We can replicate and spread it to other areas in Indonesia," Jokowi stated.

The president believes that Indonesia can achieve food security in the next three to five years.

Jokowi held discussions with several farmers during the Jakarta Food Security Summit (JFSS)-3 Expo held at the Jakarta Convention Center on February 12-14, 2015.

"The more I understand the situation, the more I believe that we can achieve food self-sufficiency," President Jokowi added.