Penumpang Panik, Kabin Pesawat Mendadak Kehilangan Tekanan Udara

Passengers were Forced to Wear Oxygen Masks after Plane`s Cabin Suddenly Lost Pressure

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Penumpang Panik, Kabin Pesawat Mendadak Kehilangan Tekanan Udara
Wartawan Vitalie Cojocaru berbagi cerita dan gambar di media sosial dan mengatakan bahwa meskipun laporan yang saling bertentangan, seluruh penumpang tetap memuji kapten pilot (Foto2: MailOnline)

PARA PENUMPANG dari penerbangan bertarif murah mengaku menjerit-jerit ketakutan dan panik menghadapi kemungkinan terburuk setelah kabin pesawat mendadak kehilangan tekanan udara dan masker oksigen dikeluarkan dari langit-langit pesawat.

Para penumpang terjadi ada kepanikan di papan penerbangan Blue Air dari Milan ke Bucharest dan masker oksigen tidak bekerja dengan benar.

Beberapa penumpang mengaku mereka dibiarkan 'megap-megap' ketika pesawat berada dalam kesulitan menjelang mendarat di ibukota Rumania.

Pesawat itu membawa 130 penumpang ketika mengalami masalah tekanan udara di kabin.

Para penumpang yang panik berupaya untuk menggunakan masker oksigen, namun mereka terkejut mendapati bahwa masker udara tidak bekerja dengan optimal, seperti diklaim media lokal yang dikutip MailOnline.

Beberapa wisatawan mengaku mereka mengalami sesak napas, sementara yang lain mengatakan mereka melihat semacam cairan merembes di kabin pesawat.

Namun, maskapai Blue Air yang berbasis di Bukares ibukota Rumania mengatakan semua ketentuan (protokol) keselamatan penerbangan telah dipatuhi dan tidak ada yang terluka dalam insiden itu.

Seorang juru bicara dari maskapai penerbangan murah tersebut kepada wartawan mengatakan semuanya berjalan sesuai dengan protokol dan pesawat itu mendekati bandara tujuan ketika masalah tersebut muncul.

Juru bicara itu mengatakan, pesawat mendarat dengan selamat di Bandara Internasional Coanda Henri, bandara tersibuk di Rumania.

Wartawan Vitalie Cojocaru berbagi cerita dan gambar di media sosial dan mengatakan bahwa meskipun laporan yang saling bertentangan, seluruh penumpang tetap memuji kapten pilot.

Blue Air mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Selama situasi darurat tidak ada penumpang atau awak kabin yang berada dalam kondisi berbahaya. Pesawat ini sedang diselidiki untuk mengetahui apa yang menyebabkan kerusakan tersebut."

Direktur Blue Air Gheorghe Racaru mengatakan kepada media lokal: 'Pesawat Blue Air YR-BAC melayani rute penerbangan dari Milan Linate ke Otopeni Bukares dan mendarat dalam kondisi normal, dan seluruh penumpang tiba dengan selamat di bandara tujuan.

'Beberapa menit sebelum mendarat tekanan udara di kabin terganggu, sesuai prosedur, masker oksigen diturunkan untuk menjamin keamanan penumpang sampai pesawat mendarat.

'Situasi tidak mengancam setiap saat keamanan penumpang dan awak. Saat ini pesawat sedang menjalani pemeriksaan teknis.'

PASSENGERS on board a budget flight say they screamed in terror and feared the worst after the cabin suddenly lost pressure and oxygen masks dropped from the plane's ceiling.

Travellers said there was panic on board the Blue Air flight from Milan to Bucharest and the oxygen masks were not working properly.

Some of the passengers claimed they were left 'gasping for air' when the plane ran into difficulty on its descent to the Romanian capital.

The plane was carrying 130 passengers when it experienced a pressurisation problem.

As panicked travellers tried to use the oxygen masks, they were shocked to discover that they were not working properly, local media claimed.

Some travellers claimed they were short of breath, while others said they saw some kind of liquid seeping into the aircraft.

However, Bucharest-based Blue Air said all protocols had been followed and no one was injured in the incident.

A spokesperson for the low-cost airline told reporters everything went according to protocol and the plane was close to its destination when the problem surfaced.

The spokesperson said the plane landed safely at Henri Coanda International Airport, the busiest airport in Romania.

Journalist Vitalie Cojocaru shared the story and pictures on social media and said that despite the conflicting reports, all of the passengers praised the captain.

Blue Air said in a statement: 'During the situation no passenger or flying staff was endangered. The aircraft is being investigated to find out what caused the malfunction.'

Blue Air director Gheorghe Racaru told local media: 'Blue Air aircraft YR-BAC was travelling the flight route from Milan Linate to Otopeni Bucharest and landed in normal conditions, with all passengers arriving safely at the destination.

'A few minutes before landing the cabin was depressurised, so, according to the procedures, oxygen masks were lowered to ensure the safety of the passenger until landing.

'The situation did not threaten at any time the security of passengers and crew. Currently the aircraft is being subjected to technical checks.'