Cinta itu Buta dan Tuli? Ini Buktinya! Pria Muda Nikahi Wanita 82 Tahun
Man, 28, Married 82-Year-old in Indonesia Last Week

Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani
Kamis, 23 Februari 2017
Sofian, seorang montir usia 28 tahun di Indonesia, jatuh cinta dengan suara merdu Martha Potu sehingga ia memutuskan untuk bertemu empat mata dengannya (Foto2: MailOnline)

KETIKA Sofian Loho Dandel menerima telepon dari seorang wanita yang tidak sengaja memutar nomor yang salah, ia tidak pernah membayangkan bahwa pembicaraan mereka akan bertahan hampir satu jam - dan banyak lagi, dan setelah setahun kemudian mereka akhirnya naik ke pelaminan.

Sofian, seorang montir usia 28 tahun di Indonesia, jatuh cinta dengan suara merdu Martha Potu sehingga ia memutuskan untuk bertemu empat mata dengannya.

Namun ketika dia sampai di rumah Potu, ia tidak percaya wanita yang membukakan pintu - seorang janda usia 82 tahun - yang membuatnya jatuh cinta.

Berbeda dengan gadis muda dengan kulit mulus yang banyak diimpikan ia bermimpi, Martha adalah seorang wanita gaek yang lebih tua 54 tahun darinya.

Sementara Sofian terkejut melihat penampilan Martha karena dia tidak mengungkapkan hal itu saat berbicara di telepon, dia sudah menyatakan cinta padanya dan perasaannya tetap tidak berubah meski yang dicintainya adalah wanita lansia alias lanjut usia.

Keduanya berbincang selama berjam-jam dan Dandel mulai faham bahwa Martha hidup kesepian setelah suaminya meninggal sepuluh tahun yang lalu dan kedua anaknya meninggalkan Indonesia untuk bekerja di luar negeri.

Tergugah oleh kisah pilunya, Sofian, yang tidak pernah berkencan dengan wanita, berjanji untuk mendampingi hidupnya selamanya.

Pada 18 Februari tahun ini, mereka menikah disaksikan keluarga mereka dan orang-orang yang mereka kasihi di Sulawesi Utara.

Pengantin pria dengan gembira mengaku: "Ini semua dimulai setelah ada telepon masuk ke ponsel saya setahun yang lalu. Saya hanya menjawab tidak tahu siapa orang itu."

"Saya menyukai bagaimana dia memperkenalkan dirinya dan dia berbicara dengan sopan di ponsel.Saat itu, kami terus mengobrol melalui telepon.

"Dia peduli dan penuh energi dan ingin bersamanya setiap hari, saya ingin mendampingi hidupnya. Saya belum pernah kencan dengan wanita dan mulai merasa jatuh cinta.

"Saya tidak sabar untuk bertemu dengannya tapi aku tidak tahu berapa umur dia. Namun kami merasa benar-benar jatuh cinta dan sepakat untuk melanjutkan hubungan ini."

Langkah mereka menuju pernikahan tidak lantas menjadi mudah. Indonesia merupakan masyarakat yang konservatif, banyak pihak yang menentang dari keluarga masing-masing.

Akhirnya, keduanya dapat melangsungkan pernikahan setelah keduanya menyatakan tekad dan tidak ingin dipisahkan selama hayat dikandung badan.

Ibu Sofian, Magdalena, 60, mengatakan: "Kami tidak tahu ia telah memilih istri adalah seorang nenek! Dia terus menyembunyikan usianya dari kami hingga bertemu dengannya."

"Kami tentu terkejut tapi melihat cinta mereka satu sama lain, kami tidak tahu bahwa calon istrinya, adalah seorang nenek."

'Sangat terkejut pada saat itu, tapi apa yang bisa saya katakan. Kami melihat mereka saling mencintai, jadi kami terpaksa menerima pilihannya."

Bagi Martha, yang akhirnya menikah setelah sekian lama menjanda, mengatakan bahwa suaminya adalah hadiah dari Tuhan baginya.

"Saya selalu berdoa kepada Tuhan untuk menjadi pendamping yang bisa mengurus saya di usia tua ini dan Dia menjawab doa-doa saya dengan mengirim Dandel sebagai berkah bagi hidup saya," kata pengantin renta ini.

Pasangan yang tidak biasa ini menjadi perbincangan di kota itu tersebut setelah tamu mengunggah foto-foto pernikahan langka tersebut di internet seperti dilansir MailOnline.


WHEN Sofian Loho Dandel received a call from a woman who accidentally dialed the wrong number, he never imagined that their talk would last nearly an hour - and more, that after a year he'd end up marrying the caller.

Dandel, a 28-year-old garage mechanic in Indonesia, fell in love with Martha Potu's voice so much that he decided to meet her in person.

But when he reached Potu's house, he could not believe the person who answered the door - an 82-year-old widow - was the woman he'd fallen in love with.

In contrast to the damsel with flawless skin he dreamed of, Potu is an elderly woman 54 years his senior.

While Dandel was shocked at Potu's appearance because she hadn't disclosed her age over the phone, he had already expressed his love to her and his feelings remained unchanged.

The two chatted for hours and Dandel learned that Potu had been living a lonely life after her husband died ten years ago and her two children left the country to work abroad.

Moved by her story, Dandel, who had never dated before, promised to stay with her forever.

On February 18 this year, they exchanged wedding vows in presence of their family and loved ones in North Sulawesi, Indonesia.

The overjoyed groom said: 'It all started after a call came into my cell phone a year ago. I just answered it not knowing who it was.

'I loved how she introduced herself and how politely she was talking. Then on, we continued chatting over the phone.

'She was caring and full of energy and with each passing day, I was drawing towards her. I had never dated before and started feeling in love.

'I could not wait to meet her but I did not know how old she was. But we felt really in love and agreed to continue this relationship.'

The road to their marriage was rocky, however. Due Indonesia being a conservative society, there were some strong opposition from their families to their relationship.

Eventually, the lovers eventually won over their families with their determination and loyalty for each other.

Dandel's mother, Magdalena, 60, said: 'We did not know he had chosen a grandmother! He had kept her age hiding from us until we met her.

'We were naturally surprised but seeing their love for each other, we not know if his future wife, a grandmother.

'Very surprised at the time, but what can I say. We see them love each other, so we accepted his choice.'

For Potu, who has the blush of a new-bride on her face, her husband is a God's gift to her.

'I used to pray God for a companion who can take care of me at this old age and he answered my prayers by sending Sofian as a blessing into my life,' the old bride said.

The unusual couple has become the talk of the town after a guest uploaded their pictures from the wedding on the internet.

TERKAIT - RELATED