Hewan Kurban di Bawah Umur Masih Ditemukan di Kemayoran Jakarta
Underage Cattle for Sacrificial Animal of Eid al-Adha Still Found in Indonesia Capital

Reporter : Roni Said
Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani
Minggu, 13 September 2015
Foto: istimewa

Jakarta (B2B) - Sapi di bawah umur masih ditemukan di DKI Jakarta oleh tim pemeriksa hewan kurban dari Suku Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Pusat, yang diperdagangkan untuk hewan kurban. Hewan kurban tersebut langsung diberikan tanda silang menggunakan cat semprot warna merah.

Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Pusat, Mulyadi mengatakan, dari hasil pemeriksaan 23 ekor sapi di Taman KKPP di Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, satu ekor sapi diantaranya belum cukup umur.

Menurut Mulyadi, sapi yang belum cukup umur tidak boleh dijual, karena tidak sah menjadi hewan kurban dan sapi asal Pati, Jawa Tengah ini diminta ditarik dari peredaran.

"Setelah kita periksa giginya ternyata belum kupak dan ini tanda belum cukup umur. Sapi ini tidak boleh dijual ke masyarakat. Usia sapi yang dijual itu minimal dua tahun," katanya di Jakarta, belum lama ini.

Pemeriksaan yang dilakukan meliputi kesehatan hewan, mulai dari periksa mata, mulut, telinga, perut dan tubuh secara keseluruhan. Kemudian surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) dari dinas kesehatan terkait dimana asal hewan itu dikirim.


Jakarta (B2B) - Jakarta's examiner of sacrificial animal still found underage cattle and to give information for prospect buyer, thus it was marked with cross, according to Indonesia capital official.

Mulyadi as the Head of Central Jakarta Maritime, Agriculture, and Food Security Sub-Department acknowledged of 23 sacrificial cattle sold on Benyamin Sueb Street in Kebayoran sub-district merely one cattle is underage.

He said the underage cattle should not be sold because it would not be legitimate to sacrifice, and his subordinate asks the cattle of Pati district, Central Java province to be withdrawn.

“We know it as we check their teeth, the minimal age to be sacrificed is two years old,” he said recently.

The examines are including eye, mouth, ear, whole body. Therefore, animal health certificate  sent to origin health department.

TERKAIT - RELATED