Berlin Berpesta, Setengah Juta Warga Sambut Lahm dkk
German Party in Front of Half a Million Jubilant Fans in Berlin

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi
Selasa, 15 Juli 2014
Puluhan ribu penggemar yang bergembira memadati Gerbang Brandenburg, Berlin, Selasa waktu setempat, untuk menyambut juara Piala Dunia yang juga para pahlawan nasional baru yang membawa anugerah tertinggi sepak bola ke tanah air untuk pertama kalinya sejak

Berlin (B2B) - Puluhan ribu penggemar yang bergembira memadati Gerbang Brandenburg, Berlin, Selasa waktu setempat, untuk menyambut juara Piala Dunia yang juga para pahlawan nasional baru yang membawa anugerah tertinggi sepak bola ke tanah air untuk pertama kalinya sejak reunifikasi Jerman.

Kumpulan manusia yang berdiri sambil melambaikan bendera itu meledak dalam kegembiraan begitu tersebar kabar bahwa penerbangan yang membawa para pemain yang tengah berjaya ke ibukota Jerman dari Rio de Janeiro itu telah sampai di bandara setelah pukul 08.00 GMT atau 15.00 WIB, seperti dilansir Yahoo Sports.

Gerombolan manusia mulai memadati pusat kota Berlin sebelum fajar dan ribuan lebih penggemar berkumpul di sebuah tempat di bawah pancaran sinar hangat matahari musim panas di bandara Tegel untuk menjemput pesawat Lufthansa yang ditulis ulang dengan "Fanhansa" demi tim nasional.

"Ini peristiwa bersejarah," kata pengemudi bus berusia 34 tahun, Bernd Hesse, yang mengikuti jalannya pertandingan di Brasil lewat radio selama dia berada di belakang kemudi.

Dia menegaskan bahwa penggemar Jerman telah menunggu 24 tahun untuk menikmati kejayaan Piala Dunia yang adalah pertama sejak reunifikasi negara itu menyusul tiga kali juara di era Jerman Barat.

"Tidak setiap hari Anda melihat hal seperti ini," kata dia.

Lydia Lampa, eksekutif periklanan berusia 28 tahun, mampir ke bandara bersama teman dalam perjalanan menuju kantor.

Mengenakan jersi Jerman berbintang empat yang menandakan sukses empat kali juara dunia dan beruntaikan kalung bunga gaya Hawaiian, dia mengaku menonton semua pertandingan Piala Dunia yang dimainkan Mannschaft.

"Ini cara saya mengucapkan terima kasih," kata dia. "Semua pertandingan mengasyikan dan saya ingin menyaksikan para pemain setidaknya sekali seumur hidup. Saya menangkap gejala bagus sedari awal turnamen ini dan saya bilang 'Oke kali ini kami akan menang'."


Berlin - Hundreds of thousands of jubilant fans massed at Berlin's Brandenburg Gate Tuesday to cheer the World Cup winners and new national heroes bringing home football's top prize for the first time to a reunified Germany.

The flag-waving crowd, which began gathering before dawn, erupted in applause under warm summer sunshine when the triumphant players arrived from Rio de Janeiro.

The team touched down in the late morning at Berlin's Tegel airport on a Lufthansa jet re-branded "Fanhansa" and "Victors' Plane", as thousands of supporters waited on a viewing platform.

"This is a historic event," said 34-year-old bus driver Bernd Hesse, who followed all the matches in Brazil on the radio when he was behind the wheel.

He noted that Germans had waited 24 years to bask in the glory of a World Cup victory, the first since the reunification of the country in 1990 following three wins by the former West Germany.

"It's not every day that you get to see something like this," he said.

Lydia Lampa, a 28-year-old advertising executive, stopped by the airport with a friend on her way to work.

Wearing a Germany jersey adorned with the coveted fourth star for the latest World Cup win and a Hawaiian-style garland of plastic flowers in the national colours, she said she had watched every World Cup match featuring the Mannschaft.

"This is my way of saying thank you," she said.

"All the games were exciting and I wanted to see the players at least once live."

TERKAIT - RELATED