Menyelam Bagai James Bond dengan Seabob F7
Swim Like 007: Underwater Jet-ski Lets You Cruise to Depths of 130ft at 10mph

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi
Senin, 22 Desember 2014
Sistem jet adalah yang pertama di dunia untuk fitur impeller - rotor jenis khusus - didukung oleh sebuah motor listrik, yang mendorong air keluar dari pembuangan air di belakang peluncur canggih ini (Foto2: MailOnline)

PARA PAKAR teknologi meluncurkan sebuah alat di bawah air yang memungkinkan penggunanya untuk 'berenang seperti lumba-lumba' - mirip dengan jet yang digunakan dalam film James Bond judul 'Thunderball' yang dirilis pada 1965.

Bentuknya khas, perangkat ini dinamai Seabob F7, memanfaatkan jet listrik revolusioner yang menghasilkan daya dorong 700 newton, pemutar baling-baling membuatnya dapat meluncur di dalam air hingga 15 km per jam.

Sistem jet adalah yang pertama di dunia untuk fitur impeller - rotor jenis khusus - didukung oleh sebuah motor listrik, yang mendorong air keluar dari pembuangan air di belakang peluncur canggih ini.

Kemampuan tersebut dapat dipakai menyelam hingga lebih 50 meter - kedalaman maksimum untuk penyelam yang ingin rekreasi - dan dapat beroperasi selama satu jam, seperti dilansir MailOnline.

Kecepatan perangkat yang dikendalikan oleh kontrol tangan yang membolak-balik 10 gigi-nya.

Hal ini mengarahkan menggunakan berat badan pengguna untuk menyelam, sementara komputer onboard menginformasikan penggunaan daya, kedalaman, suhu air dan kecepatan.

Model standar ditawari seharga Rp25 jutaan per unit (US$20.700) tapi harga itu belum termasuk penambah daya khusus (special charger) dan tas pelindung.

Mesin futuristik ini digagas Cayogo berbasis di Stuttgart, Jerman.

Situsnya di internet menjelaskan Seabob F7 sebagai 'lambang mutlak kekuatan, kecerdasan teknologi dan fungsi sempurna'.

"Meluncur santai, mengendalikan atau menyelam dengan aman di bawah air - hanya dapat dilakukan dengan Seabob.

"Penggunanya dapat bergerak bebas dan meluncur di bawah air seperti lumba-lumba, baik di permukaan air atau di bawah air."

'Seabob menawarkan performa terbaik. Hal ini karena bentuk hidrodinamik yang memberikan kelincahan yang tak terduga di dalam air."

'Menggerakkan tubuh dan menyelam jadi lebih mudah - cukup dengan menggeser bobot tubuh Anda."

Di atas air, Seabob F7 dapat mencapai kecepatan hingga (22 km/jam dan sampai 15 km/jam di bawah air.

Bobotnya 64kg dan bobot saat mengambang menjadi delapaan kg. Tersedia dalam pilihan warna merah, oranye, kuning, biru, silver, putih, titanium dan krom.


ENGINEERS have launched an underwater contraption which enables watergoers to 'swim like a dolphin' - similar to the jet used in the 1965 James Bond film Thunderball.

The cutting-edge watercraft, called Seabob F7, uses a revolutionary electric jet that generates 700 newtons of thrust, propelling users along under the waves at speeds of up to 9mph (15km/h).

The jet system is the first in the world to feature an impeller - a special kind of rotor - powered by an electric motor, which sucks in water then fires it out the back of the craft.

It can dive to more than 130ft - the maximum depth for recreational divers - and can operate for an hour.

The craft's speed is controlled by hand controls that flick through its 10 gears.

It is steered using the driver's bodyweight to angle the craft, while an onboard computer informs users of power usage, depth, water temperature and speed.

The basic model starts at $20,700 but buyers can spend almost double for a top of the range one that comes with a special charger and case.

The futuristic machine is the brainchild of Cayogo based in Stuttgart, Germany.

Its website describes the Seabob F7 as the 'absolute epitome of strength, technological intelligence and perfect function'.

'Relaxed gliding, sporty driving or diving safely under water - it's all possible with a Seabob.

'It's now actually possible to move through the water like a dolphin, either on the surface or at depth.'

'The Seabob offers all-round high-performance. This is because its hydrodynamic shape gives it unexpected agility in the water.

Above water, the Seabob F7 can reach speeds of up to 13mph (22 km/h), and up to 9mph (15 km/h) under water.

It weighs 141lb (64kg) and has a 17lb (8kg) buoyancy in the water. It is available in red, orange, yellow, blue, silver, white, titanium and chrome.

TERKAIT - RELATED