Paspor di Irlandia Boleh Pakai Foto Selfie, Pengganti Pas Foto
Travellers Can Submit Selfies for Use on New International Passport Cards

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi
Sabtu, 31 Januari 2015
Inilah pertama kalinya sebuah pas foto dari selfie akan diterima pada setiap bentuk identifikasi formal (Foto2: MailOnline)

SUKA ATAU TIDAK, foto selfie adalah fenomena yang paling menyebar ke seluruh dunia.

Dan kini kartu paspor internasional yang unik memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan foto selfie yang ada di smartphone daripada repot-repot menggunakan foto hasil studio.

Paspor dengan foto selfie ini akan diluncurkan di Irlandia pada pertengahan Juli, seperti dikemukakan oleh Menteri Luar Negeri dan Perdagangan, Charlie Flanagan, pekan ini.

Kebijakan langka ini memberi peluang kepada pemegang paspor Irlandia untuk terbang ke 28 negara Uni Eropa termasuk Islandia, Norwegia dan Liechtenstein, tanpa harus membawa paspor.

Pengguna paspor dapat menggunakan layanan online atau menggunakan aplikasi ponsel pintar, dengan biaya Rp520 ribuan, untuk dapat menggunakan foto paspor seperti layaknya paspor biasa dikenal selama ini, seperti dilansir MailOnline.

Inilah pertama kalinya sebuah pas foto dari selfie akan diterima pada setiap bentuk identifikasi formal, dan terkait dengan peluncuran layanan tersebut, Mr Flanagan menyebutnya sebagai 'perintis'.

"Hampir semua paspor di seluruh dunia dibuat dalam format lama. Buku paspor ini paspor pertama yang akan dipakai untuk perjalanan ke mancanegara," katanya.

Penggunanya harus sudah memiliki paspor biasa dan telah berusia 18-tahun untuk mendapatkannya, dan paspor akan berlaku selama lima tahun, atau tergantung ketentuan imigrasi di satu negara


LOVE THEM or hate them, the selfie is the world's fastest spreading photo-sharing phenomenon.

And now a unique international passport card will allow applicants to submit a selfie taken on their smart phone rather than using the traditional photo booth pictures.

The cards, which will launch in Ireland from mid-July, were announced by Minister for Foreign Affairs and Trade, Charlie Flanagan, this week.

It will allow holders to fly throughout the 28-nation European Union as well as Iceland, Norway and Liechtenstein, leaving their passport at home.

Applicants will be able to apply online or using a smart phone app, with a payment of €35 - around £26, and will be allowed to use a selfie on the card once it meets internationally accepted standards.

This is the first time a self-taken photograph will be accepted on any form of formal identification, and speaking at the launch, Mr Flanagan called the card 'pioneering' .

'Almost all passports worldwide are produced in the booklet format.This will be the first passport card that will be used for international travel,' he said.

Applicants must already hold a regular passport and be 18-years-old to apply, and the card will be valid for five years, or however long its holder's normal passport is valid for. 

TERKAIT - RELATED