Sengketa Pilkada di Peru, Walikota Ditetapkan dengan Koin
Peruvian Mayor Wins Job by Coin Toss

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi
Kamis, 23 Oktober 2014
Foto: washingtonpost.com

Lima (B2B) - Kota kecil di Peru, Amerika Selatan, Paruro, telah memilih wali kotanya dengan cara yang tidak biasa, yakni lewat lempar koin (uang logam).

Cara itu diambil karena kedua calon wali kota bersaing ketat dalam pemilihan yang digelar awal bulan ini, kata pejabat, Rabu.

Wilbert Medina dan Jose Cornejo, sama-sama mendapat 236 suara pada pemilihan 5 Oktober di kota kecil yang terletak di tenggara dan berpenduduk kurang dari 4.000 jiwa itu, seperti dilansir Yahoo News.

Persaingan ketat itu membuat Cusco, Dewan Pemilihan khusus di wilayah itu, bertindak dan membolehkan "lempar koin" untuk mengundi pemenang, sehingga kebuntuan pun bisa diuraikan.

Medina menang dalam undian tersebut sehingga dinyatakan sebagai pemimpin Paruro yang beruntung.


Lima - The tiny Peru town of Paruro chose its new mayor in a strange way — a coin toss — after the two candidates tied at the ballot box earlier this month, officials said yesterday.

Wilbert Medina and Jose Cornejo Carpio both earned exactly 236 votes in the October 5 balloting in the southeastern town of under 4,000 people.

So the Cusco area special electoral board jumped in and applied existing legislation that allows for a coin toss to break any such odds-defying tie.

Medina won the toss, and so became Paruro’s lucky leader.

TERKAIT - RELATED