Seniman Prancis Ditangkap Polisi Lantaran Aksi Cabul di Galeri Seni
Artist`s Naked Protest Got Her Arrested in an Art Gallery

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi
Rabu, 20 Januari 2016
Aksi cabul seniman Deborah de Robertis (Foto: metro.co.uk)

SEORANG wanita ditangkap lantaran berbuat tidak senonoh setelah dia duduk mengangkang di depan sebuah lukisan di Paris, Prancis.

Deborah de Robertis meniru pose dari lukisan karya Edouard Manet tentang pelacur Olympia di Musee d´Orsay.

Wanita nekat yang juga seniman menanggalkan pakaian di depan orang-orang di galeri di mana ia juga menempatkan kamera untuk mendapatkan reaksi pengunjung galeri atas aksi nekatnya, menurut pengacaranya, Tewfik Bouzenoune.

Seorang juru bicara museum mengatakan: ´Ada banyak orang di depan lukisan itu. Penjaga keamanan memintanya secara baik-baik untuk menghentikan aksi memalukan tersebut, dengan menutup ruangan dan meminta dia untuk berpakaian.´

"Tapi dia menolak, kami pun memanggil polisi untuk mengusirnya.´

Itu bukan kejadian pertama terkait lukisan itu: yang menggambarkan wanita telanjang dan memperlihatkan kelaminnya dan langsung membuat gempar ketika dipamerkan pertama kali pada 1865.

Lukisan kontroversial itu menggambarkan seorang pelacur, tidak seperti lukisan-lukisan yang lazim dibuat pada penghujung abad ke-19 tentang wanita anggun, tokoh agama, pahlawan pada masa itu, seperti dilansir metro.co.uk.

Namun aksi cabul De Robertis dinilai sangat memalukan di galeri Musee d´Orsay.

Museum ini telah mengajukan keberatan terhadap aksi tidak senonoh tersebut. De Robertis kemudian dimasukkan ke dalam tahanan dan akan diseret ke pengadilan Paris, yang akan  memutuskan pada Senin sanksi hukum yang layak diberikan kepada Deborah de Robertis.

Bukan Aksi Pertama
Ini bukan pertama kalinya seniman Deborah de Robertis membuat skandal di Paris khususnya di galeri seni Musee d´Orsay.

Pada Mei 2014 ia bertindak tidak senonoh di depan lukisan Gustave Courbet yang berjudul ´The Origin of the World´ dari lukisan yang mengekspose kelamin wanita.

"Menjebloskan seorang seniman ke tahanan sama dengan mengirimkan pesan buruk," kata Bouzenoune, yang mengecam aksi penangkapan tersebut.

Dia mencontohkan kasus seniman Afrika Selatan, Steve Cohen yang dinyatakan bersalah lantaran ulah tidak senonoh pada 2014 setelah menari-nari di depan Menara Eiffel dengan ayam hidup yang melekat pada penisnya dan diikat dengan pita.

Meskipun Prancis dikenal reputasinya sebagai negara yang mengusung kebebasan seksual, namun seni dan seksualitas dicampuraduk menjadi hal buruk dalam beberapa tahun terakhir.


A WOMAN has been arrested for indecent exposure after she lay down in front of a painting in Paris.

Deborah de Robertis copied the pose of Edouard Manet’s painting of prostitute Olympia at the Musee d’Orsay.

The artist got undressed in front of people at the gallery where she also wore a camera to get people’s reaction, according to her lawyer Tewfik Bouzenoune.

A spokesman for the museum said: ‘There were many people in front of the painting. Security guards responded well, they closed the room and asked her to get dressed.

‘As she refused, the police were called and removed her.’

It was not the painting’s first scandal: the depiction of a naked woman gazing directly at the viewer created an uproar when it was shown in 1865.

It is seen as clearly depicting a prostitute, a real woman, unlike the dreamy nymphs, religious or historical figures usually featured in art until that time.

However De Robertis’s naked display was a little too real for the Musee d’Orsay tastes.

The museum has filed a complaint for indecent exposure. De Robertis was remanded in custody and referred to the Paris public prosecutor, who will decide Monday on possible legal action.

Deborah de Robertis´ previous run-ins
It is not the first time the artist has scandalised Paris and the Musee d’Orsay.

In May 2014 she exposed herself in front of Gustave Courbet’s ‘The Origin of the World’ painting to reproduce the close-up image of a woman’s genitals.

‘Putting an artist in custody sends a very bad message,’ said Bouzenoune, slamming a ‘worrying judicial prudishness’.

He cited the case of South African artist Steve Cohen who was found guilty of indecent exposure in 2014 after dancing around in front of the Eiffel Tower with a live rooster attached to his penis with a ribbon.

Despite France’s reputation as a hotbed of sexual liberation, art and sex have mixed badly in recent years.

TERKAIT - RELATED