HOME > ABOUT


"You can never understand one language until you understand at least two." (Geoffrey Willans)

Penulis sekaligus wartawan asal Inggris (1911-1958) ini terkenal dengan kutipannya: "Anda tidak akan memahami satu bahasa hingga Anda mengerti sedikitnya dua bahasa."

Semangat itu pula yang mendasari hadirnya koran online Bilingual: Berita2Bahasa.com disingkat B2B. Menyajikan berita dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris, dengan disain bersisian (side-by-side) setiap berita.

B2B menjadi portal online pertama di Indonesia yang menyajikan konsep tersebut. Portal Bilingual B2B berbeda dengan portal bilingual lainnya, yang memberi pilihan English version atau Localization. Tidak semua berita diterjemahkan ke bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

B2B mengusung konsep Side-by-Side didorong keinginan untuk memudahkan pembaca mendapatkan berita terkini sekaligus memperdalam bahasa Inggris.

Pembaca mendapatkan pengetahuan padanan kata/kalimat dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris dan atau sebaliknya.

Sambutan positif dari pembaca mendorong semangat kami untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas berita didukung para translator (penerjemah) andal dari lulusan perguruan tinggi terkemuka di tanah air.

B2B hadir pada 8 November 2012 dan hingga hari ini disambut baik oleh pembaca, mulai dari anak-anak hingga dewasa, pelajar hingga kalangan profesional termasuk ekspatriat, siswa sekolah asing maupun warga Indonesia di mancanegara serta pemerhati Indonesia di luar negeri yang "haus" informasi akan Indonesia. Mereka menyatakan surprise, karena mengetahui Indonesia lebih banyak ketimbang yang diperoleh dari media mainstream yang lebih menyoroti bad news tentang Indonesia ketimbang good news dari negeri kita tercinta.

Akhir kata, mengutip pesan Nelson Mandela: "If you talk to a man in a language he understands, that goes to his head. If you talk to him in his own language, that goes to his heart."