Presiden Jokowi Apresiasi Timnas Indonesia Tahan Imbang Australia 0 - 0

Indonesia`s Widodo Appreciates National Team`s Draw with Australia

Editor : M. Achsan Atjo
Translator : Dhelia Gani


Presiden Jokowi Apresiasi Timnas Indonesia Tahan Imbang Australia 0 - 0
PIALA DUNIA 2026: Presiden RI Joko Widodo menyalami kiper timnas Indonesia, Maarten Paes yang tangguh menangkal serangan Australia pada pertandingan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup C.

Jakarta [B2B] - Presiden RI Joko Widodo menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya atas hasil yang diperoleh tim nasional sepak bola Indonesia setelah menahan imbang Australia dengan skor 0-0 dalam laga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup C.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa malam [10/9] memperlihatkan perjuangan keras skuad Garuda dalam menghadapi tim tangguh Australia yang saat ini menempati peringkat 24 dunia.

“Patut kita syukuri. Alhamdulillah kita dapat satu poin lagi setelah kemarin dengan Arab Saudi. Ini dengan Australia dapat satu poin lagi,” kata Jokowi saat memberikan keterangan kepada awak media usai pertandingan.

Presiden juga menekankan pentingnya tambahan poin tersebut untuk menjaga peluang Indonesia agar dapat lolos ke Piala Dunia 2026 atau ke putaran berikutnya kualifikasi.

“Jadi kita harapkan dengan tabungan satu poin, satu poin, mungkin nanti bisa tiga poin, ini yang kita harapkan,” ungkap Jokowi.

Dalam laga tersebut, timnas Indonesia berhasil menahan gempuran serangan Australia berkat performa gemilang seluruh pemain.

Presiden Jokowi secara khusus menyoroti peran sentral kiper Indonesia, Maarten Paes, yang tampil gemilang dengan melakukan serangkaian penyelamatan krusial.

“Saya kira permainan yang luar biasa dengan perjuangan kerja keras seluruh pemain, terutama kiper,” ucap Presiden.

Terkait evaluasi terhadap performa tim, Presiden Jokowi menyerahkan sepenuhnya kepada pelatih Shin Tae Yong.
Presiden menilai hasil imbang melawan Australia ini merupakan pencapaian yang membanggakan, mengingat perbedaan peringkat FIFA yang sangat jauh antara kedua timnas.

“Hati-hati lho Australia itu rangking 24, kita 131. Lihat di situ dong, 131 melawan rangking 24 dan bisa menahan imbang, dapat satu poin,” tutur Presiden.

Hasil imbang ini juga menambah kepercayaan diri timnas Indonesia untuk melangkah lebih jauh di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Berikutnya, timnas Indonesia akan bertandang ke Bahrain pada 10 Oktober 2024, lalu bertandang ke Cina pada 15 Oktober 2024.

Turut mendampingi Presiden adalah Menteri Pemuda dan Olahraga RI Dito Ariotedjo dan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia [PSSI] Erick Thohir. Tampak hadir sejumlah menteri pada Kabinet Indonesia Maju.

Jakarta [B2B] - Indonesian President Joko Widodo appreciated the results of the Indonesian national football team´s match after it ended in a draw, 0 - 0 in the third round of the 2026 World Cup Qualifiers, Asian Zone Group C.

The match which took place at the Bung Karno Main Stadium, Jakarta, Tuesday night, showed the Indonesian national team´s tough struggle against the tough Australian team which is currently ranked 24th in the world.

"We should be grateful. Alhamdulillah, Indonesia got one more point after facing Saudi Arabia. From Australia, Indonesia got one more point," Widodo told the press.

President Widodo reminded of the importance of additional match points, to maintain Indonesia´s chances of qualifying for the 2026 World Cup or the next round of qualification.