Hahh... Darah Bekas Haid Ampuh Jadi Obat?

Hahh... Menstrual Blood A Curing Drug?

Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani


Hahh... Darah Bekas Haid Ampuh Jadi Obat?
Ilustrasi: Boldsky

KECANGGIHAN teknologi dan ilmu pengetahuan dapat mengubah paradigma darah menstruasi yang tadinya dianggap "kutukan" atau kotor, menjadi sesuatu yang dapat menyelamatkan nyawa seseorang.

Darah menstruasi yang disimpan dalam kondisi tertentu ternyata dapat digunakan kembali untuk mengobati berbagai jenis penyakit dengan terapi sel punca (stem cell), seperti dilansir Boldsky.

Sel punca, dapat berubah menjadi berbagai macam sel tubuh seperti sel syaraf, sel pembuluh darah, sel otak, dan lain sebagainya.

Baru-baru ini sel punca ditemukan pada tali pusar bayi. Namun para peneliti telah menemukan cara lain untuk memanen sel punca yakni dari darah menstruasi.

Darah menstruasi berasal dari uterus, sementara itu dinding uterus dapat mengalami regenerasi kekuatan sendiri secara unik.

Oleh sebab itu, di dalam darah menstruasi banyak terdapat sel punca yang memiliki kemampuan untuk berkembang menjadi berbagai macam sel. Namun, pengambilan dan prosedur penyimpanan darah ini hanya dapat dilakukan di bank sel punca.

Terapi sel punca dikenal sebagai terapi terbaik untuk penderita kanker, karena banyak pasien yang dinyatakan sembuh setelah menggunakan terapi sel punca.

Terlepas dari penyakit kanker, sel punca juga dapat digunakan untuk menyembuhkan kelainan syaraf yang dianggap tidak bisa disembuhkan seperti alzeimer dan parkinson.

Selain itu, penggunakan stem punca juga dapat dilakukan dalam keadaan darurat seperti serangan jantung atau pun serangan stroke.

TECHNOLOGICAL advance and science can change the paradigm of menstrual blood which was previously deemed as ‘dirty’ or ‘cursed’ into savior maintaining people’s lives.

Menstrual blood kept in certain condition can be reused to cure various kinds of diseases through stem cell therapy.

Stem cell can make for various kinds of cells such as nerve cell, brain cell, blood vessel cell, etc.

Recently stem cell is found in baby’s umbilical cord but researchers have found another method to obtain stem cell, namely from menstrual blood.

Menstrual blood flows from uterus, meanwhile uterus partition can regenerate itself uniquely, as reported by Boldsky.

Hence, in menstrual blood, there are many stem cells which can develop into various kinds of cell. Yet, the procedure of keeping menstrual blood can only be done in a stem cell bank.

Stem cell is known as the best therapy for cancer patients because many patients are fully recovered after undergoing stem cell therapy.

Other than cancer, stem cell can also heal neural disorders considered as incurable such as Alzheimer and Parkinson diseases.
 
Besides, the use of stem cell can also be applied in emergency situations such as heart attack or stroke.