BBPP Kementan Lakukan Pembinaan P4S di Kalbar
Indonesia Binuang`s Agricultural Training Center Support Borneo Farmers

Editor : M. Achsan Atjo
Translator : Dhelia Gani
Kamis, 20 April 2023
BBPP BINUANG: Kepala BBPP Binuang, Bambang Haryanto [duduk, ke-4 kanan] bersama pengelola dan anggota P4S Geger Tani didampingi Koordinator Program dan Evaluasi BBPP Binuang, Joko Tri Harjanto.

Pontianak, Kalbar [B2B] - Saat ini kebutuhan bahan pertanian semakin hari semakin dicari. Terlebih saat ini, makanan memiliki banyak variasi. Generasi milenial telah berfokus pada olahan makanan dengan kreasi menarik. Seringkali kita jumpai perpaduan bahan pangan yang tidak semestinya.  

Menyikapi perihal tersebut, Kementerian Pertanian [Kementan] mengajak para petani masa kini bekerja sama menggapai pencapaian yang lebih besar, dengan cara mengembangkan kemampuan dan keahlian petani melalui program Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya [P4S].

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyampaikan bahwa peningkatan SDM Pertanian harus dilakukan untuk meningkatkan produktivitas atau mengembangkan pertanian.

"Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengembangkan dahulu kualitas SDM. Hal itu bisa dilakukan melalui sejumlah pemberdayaan, salah satunya memaksimalkan P4S," tutur Syahrul.  

Saat ini, kebutuhan bahan pangan hasil pertanian semakin hari semakin dicari, persoalan pangan menjadi persoalan nasional untuk keperluan pangan di Indonesia tersebut. 

Sementara, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian [BPPSDMP], Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa sudah selayaknya P4S memperoleh perhatian yang tinggi terkait perannya dalam transfer of knowledge dibidang pertanian. 

"Bukti nyata menunjukkan bahwa metode yang paling tepat untuk mengajak petani untuk menerapkan suatu teknologi baru adalah dengan menunjukkan bukti keberhasilan petani yang menerapkan," katanya. 

Dedi Nursyamsi menambahkan pembaharuan desa harus di awali dari P4S di seluruh Indonesia untuk penguatan kapasitas kelembagaan P4S.

BBPP Binuang mengajak para petani masa kini bekerja sama menggapai pencapaian yang lebih besar, dengan cara mengembangkan kemampuan dan keahlian petani melalui program Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya [P4S] dan penguatan kapasitas kelembagaan P4S.

Pemberdayaan dan pembinaan P4S, dengan memfasilitasi penguatan sarana dan prasana kelembagaan P4S juga pendampingan kepada P4S melalui Identifikasi dengan melakukan kunjungan, untuk memberikan perhatian dan semangat para pengelola P4S.

Kepala BBPP Binuang, Bambang Haryanto menyampaikan bahwa pendampingan dan penguatan kelembagaan untuk FK P4S wilayah Kalimantan  Barat.

"P4S yang mendapatkan fasiltas peningkatan sarana dan prasarana adalah P4S Kompas Kabupaten Sintang dan P4S Geger Tani [12 dan 13 April 2023]," katanya didampingi Koordinator Program dan Evaluasi BBPP Binuang, Joko Tri Harjanto.

Bambang menambahkan bahwa program P4S fokus kepada petani milenial, sebagai pemicu semangat dan perhatian para pelaku pertanian milenial. [joko/agus/timhumasbbppbinuang]


Tanah Bumbu of South Borneo [B2B] - The role of agricultural training in Indonesia such as the Agricultural Training Center of Indonesia Agriculture Ministry across the country or the BBPP so the ministry seeks to maximize its efforts to produce millennial entrepreneur.

Indonesian Agriculture Minister Syahrul Indonesia Yasin Limpo stated that the government´s commitment to developing agriculture, especially in the development of advanced, independent and modern agricultural human resources.

“The goal is to increase the income of farming families and ensure national food security. Farmer regeneration is a commitment that we must immediately realize," Minister Limpo said.

He reminded about the important role of agricultural training, to produce millennial farmers who have an entrepreneurial spirit.

"Through agricultural training, we connect farmers with technology and innovation so that BBPP meet their needs and are ready for new things," Limpo said.

TERKAIT - RELATED